Minggu, 13 Desember 2009

PROFIL LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UKMF ROHANI ISLAM FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS LAMPUNG


Bismillahirrahmaanirrahim


“Sesungguhnya orang-orang mukmin hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan berjihad dengan harta dan jiwa mereka demi membela agama Allah, mereka itulah orang-orang yang benar.”
(Q.S. Al Hujurat : 15)


Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) ROIS FE adalah salah satu lembaga dakwah kampus di Universitas Lampung. Organisasi ini berdiri di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung pada tanggal 12 Desember 1993 dengan Ketua Umum pertamanya yaitu Bambang Putra Jaya (periode 1993-1994).

Menjelang usia yang ke-12 tahun ini, ROIS FE dipimpin oleh Muhamad Nurudin sebagai Ketua Umum periode 2005-2006, dengan dibantu oleh Keni Angrainy T sebagai Wakil Ketua Umum, Nugroho Witdiyanto sebagai Sekretaris Umum, dan Dwi Kurnia Palupi sebagai Bendahara Umum.

Adapun Visi dan Misi ROIS FE yaitu :

VISI :
“Dinamisasi Kinerja Dakwah, Wujudkan Kampus Bernuansa Islam”

MISI :
1. Membentuk Kader Yang Berkualitas Dalam Fikriyah, Ruhiyah, dan Jasadiyah.
2. Membangun Pribadi Muslim Yang Memiliki Tsakofah Islamiyah Yang Tinggi.
3. Meningkatkan Pemahaman Ekonomi Islam Secara Teori dan Praktek Pada Civitas Unila dan Masyarakat Eksternal Kampus.
4. Mengoptimalkan Media Dakwah ROIS Yang Kreatif dan Inovatif Dalam Mensyiarkan Islam.
5. Mengarahkan Kepribadian Muslim Menuju Akhlak Islami.
6. Mengembangkan Sumber Dana Mandiri Sebagai Kontribusi Dalam Gerak Dakwah.

Lambang dan Makna Lambang UKMF ROIS FE :



Makna lambang antara lain :
1. Kitab Al Qur’an dan As Sunnah bermakna sebagai sumber hukum UKMF ROIS FE Unila.
2. Kubah dan menara masjid bermakna sebagai pusat pembinaan umat.
3. Pena bermakna keluasan ilmu.
4. Pita yang bertuliskan ROIS FE bermakna ikatan Ukhuwah Islamiyah.
5. Warna hijau bermakna keteduhan Dienul Islam.

Motto ROIS FE :
“Satukan Azzam Bangun Peradaban”

ROIS FE ini terdiri dari beberapa departemen dan biro antara lain :
 Departemen Kaderisasi
Departemen ini dipimpin oleh Achmad Fauzi sebagai Kepala Departemen, dan Diah Rahmawati sebagai Sekretaris Departemen. Departemen ini berhubungan dengan perekrutan anggota muda serta penjagaan terhadap kader ROIS FE. Adapun program kerja depatemen ini : ORM (Orientasi ROIS Muda), PMDK (Pelatihan Manajemen Dakwah Kampus), LKMI TD (Latihan Kepemimpinan Manajemen Islam), Pengajian KAHFI (Kader Muda Harapan Fakultas Ekonomi), Pengajian Pengurus, Mabit Ikhwan, MDP plus (Motivation Development Programe), BTO (Basic Training Organization), dan lain-lain.

 Departemen Kajian Islam (KI)
Departemen yang dipimpin oleh Adi Krisna L. Pati sebagai Kepala Departemen, dan Mardia Tina Ningsih sebagai Sekretaris Departemen, mempunyai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan Tsakofah Islamiyah. Kegiatan yang diadakan antara lain : KI2P (Kajian Islam 2 Pekanan), KIAS (Kajian Islam Awal Semester), Tabligh Akbar, Tahsin Qur’an, Kajian Muslimah, dan lain-lain.

 Departemen Kajian Ekonomi Islam (KEI)
Departemen yang berhubungan dengan Ekonomi Islam ini dipimpin oleh Harmoko sebagai Kepala Departemen, dan Sulistyani sebagai Sekretaris Departemen. Ekonomi Syariah menjadi konsentrasi dari departemen ini, adapun program kerja yang dilaksanakan antara lain : Stadium General Ekonomi Islam, Diskusi KEI, Musyawarah Regional Sumatra, Training, Pengiriman Delegasi FOSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam), dan lain-lain.

 Depatemen Kreativitas
Departemen ini dipimpin oleh Rudy Dwi Kurniawan sebagai Kepala Departemen, dan Hikmah Dwi Astuti sebagai Sekretaris Departemen. Minat, bakat, inovasi, dan kreasi akan dikemas dalam seni Islami di departemen ini. Kegiatan-kegiatannya antara lain: Mading EXIS (Expresi ROIS), Tausiyah 2 pekanan, Buletin Lentera ROIS FE, Pembentukan Tim Nasyid, SIAR (Studi Islam Alam Raya), Bakti Sosial (Baksos), Bedah Buku, dan lain-lain.

 Badan Pelaksana Bimbingan Belajar Qur’an (BP BBQ)
BP BBQ dipimpin oleh Ahmad Reza Nugroho M. sebagai kepalanya, dan Eli Puspita Sari sebagai sekretarisnya. BP BBQ merupakan salah satu biro di ROIS FE, yang berkonsentrasi terhadap Tarbiyah mahasiswa-mahasiswa baru S1 dan D3 dimana BBQ menjadi salah satu komponen dari mata kuliah Agama Islam. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan diantaranya : Grand Opening BBQ S1 dan D3, Tutorial BBQ, TrenKiSS (Pesantren Kilat Sehari Semalam), Training Tutor, FUT (Forum Ukhuwah Tutor), PCM (Pesantren Cendikia Muslim), dll.

 Badan Perekonomian Organisasi (BPO)
Biro Danus yang berganti menjadi BPO ini dipimpin oleh Muhamad Ansori sbagai Kepala, dan Esa Efriyani sebagai Sekretaris. Biro ini sebagai penyokong finansial yang memiliki kontibusi dalam kegiatan dakwah ROIS FE, mempunyai kegiatan antara lain : BAS (Bazar Awal Semester), Bazar Ramadhan, Pembuatan Pin, Pembuatan kaos, Etalase Retail, dan lain-lain.

 Biro Kesekretariatan (Kestari)
Biro yang berperan penting dalam adminstrasi ROIS FE ini dipimpin oleh Edi Susanto sebagai Kepala Biro dan Joulian Sari sebagai Sekretais Biro. Program kerja dari biro ini antara lain : Pengadaan Inventaris Sekret ROIS FE, Pembuatan kartu ucapan Milad & Hari Raya, Pemberdayaan perpustakaan, Pengarsipan Surat Masuk & Surat Keluar, Pembuatan Poling, dan lain-lain.

 Badan Pelaksana Harian (BPH) Mushola At-Tarbiyah
BPH Mushola ini dipimpin oleh Erdiyanto sebagai Kepala BPH, dan Eka Yuni Miswati sebagai Sekretaris BPH. Biro ini bertugas sebagai fasilisator, melayani kepentingan dan kebutuhan jamaah Mushola sehingga biro ini pun mempunyai moto “Melayani Umat Lillahita’ala”.


Demikian profil UKMF ROIS FE dimana selama perjalanan, organisasi ini telah banyak mengalami perubahan hingga menjadi ROIS FE yang sekarang.
Wallahua’lam Bisshowab.


“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”
(Q.S. Ash-Shaff : 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar